SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Tuntaskan Progres Sebelum Per-31 Desember 2019

113

oleh : amran apity

RATERATE – SC. Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Program Inovasi Desa (P3MD-PID) Kecamatan Lambandia Kolaka Timur – Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Evaluasi Kegiatan APBDes 2019 yang dipusatkan di lokasi Permandian Wisata Desa Onemanu, Kamis, 26 Desember 2019.

Rapat yang dipimpin Camat Lambandia, Supriadi menegaskan bahwa semua rangkaian program dan proyek pembangunan desa sudah harus selesai sebelum tutup tahun 2019.  Untuk lebih jelasnya antara lain point-point yang disampaikan, yaitu :

Camatt Lambandia

Bahwa Tahun Anggaran 2020 agar seluruh perangkat desa, tidak ada lagi doble job (rangkap pekerjaan), karena Pemerintah Daerah Kab.Koltim telah menaikkan Silap bagi kepala desa dan perangkat desa sesuai dengan PP No.11 tahun 2019.

Kedua bahwa seluruh kegiatan Sapras yang belum mencapai 100 persen, agar segera dirampungkan atau dituntaskan, dan tidak ada lagi kegiatan yang menyeberang di Januari tahun mendatang. Karena itu jelas-jelas termasuk pelanggaran dan Pemkab tidak akan mentelorir.

Kegiatan Dana Desa yang berpottensi menghasilkan PADesa agar senantiasa dilakukan penata usahaanb, agar menarik minat pengunjung dan pemanfaat. Contohnya, yang bisa ditiru seperti yang dilakukan oleh Kades Onemanu, SorgaDesa di Desa Mokupa dan Wanumbuteo.

“Semua itu pengelolaannya akan dilaksanakan oleh BUMDes. Karena tujuan BUMDes ini didirikan pada setiap desa untuk mengelola bisnis, dan semi-bisnis yang ada di desa, sehingga selain keuntungan ekonomi, juga ada aspek sosialnya,” ujarnya.

Koordinator P3MD-PID Kabupaten Kolaka Timur Amran Apity juga menghimbau kepada seluruh pendamping secara berjenjang agar mengawal desa, kepala desa dan aparat desa dalam penuntasan progres pekerjaan.

“Kawan-kawan pendamping tolong dikawal terus progresnya, jika ada masalah atau kendala, maka harus cepat diantisipasi dan dilaporkan ke jenjang lebih di atasnya,” ucapnya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More