SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Tradisi Unik Memindahkan Rumah

100

teks / foto : samsul kaedah

KAPOIALA – SC. Bayangkan rumah dengan bobot sampai berton-ton dan jarak yang tidak dekat dapat dipindahkan hanya dengan mengandalkan tenaga manusia. Tradisi gotong royong warisan leluhur ini bukan hanya dapat dijumpai di pelosok yang masih dianggap pelestari tradisi.

Tetapi tak jauh dari Kota Kendari, dimana penduduknya yang multi etnis dan berbagai latarbelakang budaya yang berbeda justru dapat dijumpai hal ini yang sudah diangkap langkah dalam pembangunan modern ini. Seperti itulah tradisi warga Desa Muara Sampara Kec.Kapoiala Kab.Konawe Sulawesi Tenggara, sekitar 20Km dari Kota Kendari.

Ya,  memang kegiatan ini agak mustahil dilakukan dengan tenaga manusia. Namun dengan semangat gotong royong, proses mengangkat dan memindahkan rumah dapat dilakukan. Seperti yang dilakukan Keluarga Pesisir Konawe pada bulan Juli lalu.

Tidak sembarang memindahkan rumah,  harus ekstra kerjasama.  Menyamakan irama langkah kaki, agar dapat berjalan beriringan.

Tradisi gotong-royong seperti memindahkan rumah ala keluarga pesisir telah lama mengakar. Tradisi ini tetap terpelihara baik dan sudah berlangsung turun temurun.

Nah..  Mungkin anda dan keluarga agak sulit menemukan masyarakat yang memindahkan rumah dengan cara gotong royong?? Tak perlu khawatir, anda dan keluarga masih bisa menemukan dan menyaksikan di pesisir Konawe, Desa Muara Sampara dan sekitarnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More