SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Teposua dan Embung Wisata yang Multifungsi

342

oleh : amran apity

RATERATE – SC. Desa-desa di Kolaka Timur terus berbenah. Salah satunya adalah Desa Teposua Kecamatan Loea Kab.Kolaka Timur yang membenahi embung alam menjadi bendungan dengan segala pemanfaatannya.

Kepala Desa Teposua, Nyoman Sudiono menjelaskan, bahwa embung desa hasil replikasi BID 2017 dan dianggar kan dalam APBDesa 2018. Yang kemudian dilanjutkan pada BID 2018 dan telah direplikasi ke dalam APBDes 2019. Begitu juga untuk tahun ini, APBDes 2020.

Dalam APBDes 2018, yang bersumber anggaran dari dana desa sebesar Rp 590 juta lebih dengan luas 997 meterpersegi, adalah khusus untuk pembangunan badan bendungan dengan pematang serta salurannya. Sehingga clear dan sudah dapat dimanfaatkan. “Enmbung ini dipastikan akan mengairi 50 hektar sawah yang ada di hilir,” ungkapnya.

Kemudian pada tahun lalu, 2019, pembangunannya diarahkan pada kegiatan buat kazebo, MCK, dan kolam renang, serta infrastruktur pendukung lainnya untuk kebutuhan pariwisata, wisata desa.

Sedangkan untuk tahun ini, 2020, adalah pembangunan pagar keliling. Ini dimaksudkan untuk fungsi ganda, dimana para pengunjung tidak bebas berkeliaran di luar kawasan embung yang dapat berbahaya dan di luar pengawasan petugas wisata. Juga untuk menghindari hewan piliharaan berkeliaran dalam lokasi wisata, termasuk dalam embung dan kolam renang.

Masih dalam kawasan embung, juga disiapkan pembangunan Aula Kantor Desa, Kantor BUMDes, dan halaman parkir, sehingga terintegrasi antara aktivitas pemerintahan desa, BUMDes dan kepariwisataan, serta pelayanan untuk pengaturan distribusi air dari irigasi embung. “Sampai saat ini modal BUMDes mencapai Rp 300 juta, termasuk untuk kegiatan unit usaha Saprodi,” terusnya.

Kadis DPMD Kolaka Timur Hanaruddin menjelaskan,  bahwa desa-desa yg ada kab. Kolaka timur diharapakan dalam merencanakan kegiatan yg akan dibiayai DD sedapat mungkin kegiatan yg produktif dapat menghasiljan PADesa.

“Bupati Koltim sudah memerintahkan seluruh OPD terkait dengan pembangunan desa untuk mengarahkan agar infrastruktur  desa dan aspek pemberdayaannya akan diarahkan pada pendapatan asli desa, dan sudah tentu untuk masyarakat / warga,” jelasnya.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More