SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Tahi Ite, Wisata Elok Menunggu Polesan Dana Desa

126

teks : abdu rahman saleh / aktivis pemberdayaan

BOMBANA – SC. Salah satu desa tua di Bombana yang sangat terkenal dengan alamnya yang indah karena ditopang oleh ekosistem hutan lindung yang lestari pada puncak-puncak gunung yang melingkarinya sehingga air sungai terus mengalir sepanjang zaman.

Air yang terus menerus mengalir tersebut itulah yang menjadi pesona, apalagi yang muncul ke permukaan bumi adalah air panas yang melimpah, dan apalagi hawa panas ini terus juga mengalir ke hilirnya meski semakin jauh dari pusatnya semakin dingin dan lambat laun menjadi seperti air pegunungan biasa.

Ekosistem air panas tersebut yang muncul tak jauh dari kaki gunung, sudah sekian lama telah menjadi salah satu kunjungan wisata bukan hanya bagi penduduk setempat, tetapi juga bagi warga masyarakat desa yang ada di sekitarnya atau bahkan pengunjung datang dari berbagai kecamatan.

foto : dok. pld

Namun sangat disayangkan karena air panas tersebut yang masih terbatas fasilitasinya oleh Dinas Pariwisata selama ini ternyata tidak dibenahi secara optimal, termasuk belum adanya intervensi dana desa dalam pengembangan wisata desa tersebut.

Yang justru masih perhatian aparat adalah infrastruktur lain, salah satunya adalah jalan tani yang merupakan penghubung antara dusun dengan lahan-lahan pertanian mereka, sehingga saat ini sudah beberapa ruas jalan tani sudah dapat dipakai untuk angkut hasil-hasil pertanian dan perkebunan dengan menggunakan kendaraan, yang selama ini diangkut dengan tenaga manusia yang sangat terbatas, atau paling tidak dengan menggunakan kuda meski memang tidak semua juga warga mampu membeli hewan ternak itu pada masa-masa lalu.

Dengan akses yang semakin baik berkat dana desa, maka secara perlahan kegairahan kegiatan ekonomi warga semakin meningkat.   *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More