SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Sorga Desa dari Onemanu

965

oleh : amran apity

Kecamatan Lambandia, Kolaka Timur – Sulawesi Tenggara, berada di ujung selatan kabupaten hasil pemekaran Kolaka ini. Semuanya tampa gunung dan ekosistem hutan yang sudah mulai berkurang. Tetapi ekosistem rawa dan sumber-sumber air baku masih terjaga dengan baiknya.

khusus anak-anak

Salah satu desa yang memiliki potensi rawa alam dan sumber air baku yang memanfaattkannya dalam wisata permandian adalah Desa Onemanu. Desa ini memang memiliki alur-alur sungai yang baik, sehingga ketika musim hujan meluap dan kadang ‘menyapuh’ perkampungan. Tetapi ketika musim kemarau, maka tetap tercipta kantong-kantong air di mana-mana. Dari situlah inisiatif muncul buat kolam renang.

Hingga saat ini pekerjaan kolam yang menggunakan dana desa tahun 2019 ini masih berkisar 80 persen, tetapi anttusiasme warga untuk memanfaatkannya sudah tak terbendung lagi, bahkan warga desa-desa tetangga pun berdatangan menikmati sejuknya air kolam tersebut.

Koordinator P3MD-PID Kabupaten Kolaka Timur, Amran Apity, menegaskan agar sebelum akhir 31 Desember 2019, pekerjaan ini sudah harus rampung 100 persen, karena memang ditargetkan akan membludaknya pengunjung pada tahun baru nanti.

“Semua sudah berkomitmen untuk merampungkan, termasuk dari Dinas PMD sendiri sudah berkoordinasi dengan Kades Onemanu agar acara tahunan baru tidak perlu lagi masuk kota, cukup dirasakan di kolam sekaligus peresmiannya,” kata Amran.

Yang lebih menggembirakan lagi, adalah Kades menfasilitasi para ibu-ibu dan perempuan untuk membuat kios-kios di sekitaran permandian, sehingga mereka juga dapat menikmati permandian ini dengan cara berjualan makanan, minuman ringan.

“Sementara untuk kebutuhan yang lebih besar dan secara khusus, akan disediakan sendiri oleh BUMDes, bahkan nantinya untuk segala kebutuhan para penjual dan warung-warung disiapkan oleh BUMDes dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan lebih murah jika dilego oleh para cukong yang sering keliling desa,” terusnya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More