SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Sekda Muna : “Kami Wujudkan Komitmen Replikasi Inovasi Desa”

96

teks / foto : abud rahman

RAHA – SC. Terkait prestasi yang dicapai Desa Lakandito Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna sebagai Nominasi Desa Terbaik Nasional 2019 untuk pengembangan Produk Unggulan Desa (Prudes), maka Pj.,Sekda Muna Drs.Ali Basa M.Si., mengungkapkan bahwa  Pemerintah Daerah Kabupaten Muna telah mewujudkan komitmennya dalam pembangunan desa.

“Program Inovasi Desa (PID) oleh Kementerian Desa PDTT telah diadopsi atau telah dijalarkan oleh Pemkab Muna. Hal itu bisa kita dilihat dari hasil pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) yang sudah dilaksanakan tiga tahun belakangan sehingga apa yang terjadi saat ini, (Desa Lakandito), adalah wujud keseriusan semua pihak dalam pembangunan desa,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi telah terbukti nyata dalam memberikan dampak ekonomi bagi desa, termasuk diantaranya peningkatan peningkatan pendapatan warga. Apalagi nantinya, juga Pemkab Muna akan terus menambah daya dukung infrastruktur yang bersentuhan langsung dengan akses pusat-pusat produksi.

“Akses ke pusat produksi sangat penting, sehingga warga yang panen dengan mudah dapat langsung membawa ke rumah atau pasar-pasar terdepat. Apalagi kalau dalam jumlah besar, pihak pembeli dapat menggunakan mobil untuk langsung di lahan-lahan pertanian warga,” lanjutnya.

Ia menyarankan, apa yang dilakukan oleh warga Desa Lakandito dapat ditiru oleh warga desa-desa tetangganya, bahkan seluruh desa di Kabupaten Muna. “Sehingga ini menjadi gerakan bersama dalam membangun desa,” sambungnya.

Koorprov.P3MD-PID Kemendesa PDTT Sulawesi Tenggara, La Ode Syahruddin, menambahkan bahwa rencananya Tahun 2020-2021 ini akan dikembangkan kawasan sampai dengan 150 Ha.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari para tenaga ahli dan pendamping desa, bahwa khusus tahun 2020, selain pengembangan kawasan seluas 50 hektar,” katanya.

Apalagi Sekda juga berkomitmen untuk memberikan dukungan sarana prasarana seperti, Traktor, mesin Pemipil, gudang dan sumber air berupa pembangunan embung, guna mendukung ratusan hektar lahan-lahan ini. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More