SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Sejak Juni, BUMDes Bangun Maju Produksi Masker

74

Oleh : Wa Ode Salawati / PED Busel

SAMPULAWA – SC. Badan Usaha Milik Desa Bangun Maju Desa Bangun Kecamatan Sampulawa Kabupaten Buton Selatan telah memproduksi masker Covid19 sejak Juni 2020 dan setiap 3 pekan menghasilkan 2.000 buah masker.

Dengan bermodalkan Rp 10,5 juta,  mereka mempekerjakan 6 orang karyawan dan memproduksi masker kain dengan dua macam model. Yakni masker dari bahan dasar kain flanel dan dari kain balotelli. 

Harga jual untuk masker dari kain flanel di berondol dengan harga Rp. 7.000  perlembar sedangkan untuk masker bahan dasar dari kain balotelli dijual dengan harga Rp. 5.000, perlembar.

Pesanan tersebut tak lain berasal dari pemerintah Desa, sekolah-sekolah, baik yang berada di desa maupun di luar desa untuk kemudian di bagikan secara gratis kepada masyarakat maupun para guru.

Dengan keluarnya PMK 101 No.07 tahun 2020, maka tentu BUMDes ini juga akan merobah peruntukan produksinya, dimana modalnya yang didatangkan dari kades sesuai dengan PMK, yang hasilnya dibagikan gratis ke warga.   

Kades Bangun mengkaui, kandemi Covid-19 (corona virus disease-19) telah membawa dampak dalam berbagai sektor, mulai dari sektor ekonomi, sosial maupun budaya dan sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat. 

“Imbas dari wabah pandemi Covid-19 pada perekonomain masyarakat, terutama pekerja informal berakibat pada berkurangnya pendapatan hingga kehilangan mata pencaharian, lantaran sepi permintaan. Namun, di tengah penyebaran wabah corona yang kian masif, ada celah bagi pelaku usaha menangkap peluang untuk mengais rezeki, salah satunya dengan produsen masker kain,” katanya.

Menurutnya, sejalan dengan instruksi pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk mengenakan masker ketika beraktifitas diluar rumah meski hanya dengan menggunakan masker kain, karena masker medis (masker bedah) yang belakangan ini jadi barang langka dan harganya meroket.  Penggunaan masker kain ini, meski  tingkat proteksinya tidak seefektif masker bedah, dapat mengurangi permintaan dan lonjakan harga masker bedah yang diprioritaskan untuk dokter dan paramedis.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More