SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Ratih Nurmala Dewi : “Kerja Keras Hadirkan PAUD, Akhirnya Hasilkan yang Terbaik”

292

teks / foto : yanti sirman.

RATERATE – SC. Salah satu inovasi pembangunan desa pada bidang pendidikan usia dini, PAUD dan TK, yang menonjol bahkan telah memperoleh penghargaan dan masuk nominasi sebagai Desa Terbaik dalam pengelolaan  PAUD / TK Ananda Desa Tirawuta Kec.Tirawuta Kab.Kolaka Timur Sulawesi Tenggara.

Tim penilai dari KN-PID Kemendesa PDTT-RI, Ratih Nurmala Dewi yang mengunjungi PAUD Ananda menuturkan bahwa gerakan pendidikan anak usia dini yang telah dilakukan oleh desa ini, telah memberikan inspirasi dan inovasi bagi PAUD dan desa-desa lainnya di Indonesia.

“Kalau melihat fase perjalanannya, memang sangat memprihatinkan, yaitu menempati gedung posyandu, dan ini tentu proses yang kurang bagus. Kemudian pindah lagi di gedung PKK yang serba darurat,” ungkap Ratih.

Dan sebelum menempati gedung barunya, yang dibangun 2016 yang bersumber dari dana desa, tentu segalanya serba terbatas, termasuk peralatan belajar-mengajarnya. “Tapi kami salut, karena disitu ada keuletan, ada niat yang tulus untuk terus mendidik anak-anak ini,” lanjutnya.

Sehingga apa yang dirintis, hingga saat ini betul-betul telah membuahkan hasil. Bukan hanya sekadar penghargaan yang merupakan nilai-nilai simbolik, tetapi nominasi ini adalah sebuah spirit untuk terus berkarya dan membangun desa oleh semua warga Tirawuta.

Suhaeni, Kepala Sekolah PAUD Ananda menceritakan kesulitan awal-awalnya menggagas PAUD ini, dan warga memang belumnya yakin pada waktu itu. “Meski demikian, tapi murid angkatan pertama sudah mencapai 9 orang,” ceritanya.

Dan it terus bertambah, apalagi setelah pindah ke gedung PKK. “Meski masih memperihatinkan kondisi gedung, tetapi sudah lebih baik dibanding Posyandu yang harus berbaur dengan warga lain yang meminta pelayanan kesehatan,” kenangnya.

Sekarang katanya sudah mulai terbenahi, sudah punya gedung sendiri, murid-murid terus bertambah, apalagi memang peralatan belajar-mengajar semakin banyak.

Kepala Desa Tirawuta, Marzuki menambahkan bahwa pada tahun 2016 sudah mulai menganggarkan pembangunan gedung sumber dana desa sebesar Rp 237 juta lebih. “2017, sudah dilengkapi insentif guru sebanyak Rp 10 juta lebih pertahunnya,” katanya.

Kemudian tahun berikutnya berutut-turut anggarkan, pembuatan pagar, papin blok, dan sudah mendapat kenaikan insentif guru sebesar Rp.500 ribu perbulan. “Juga sudah dilengkapi dengan alat-alat olahraga dan kesenian, seperti marching band,” katanya.

Dengan marching band ini, sempat tampil di HUT Kabupaten Kolaka Timur. “2019, juga ditambah bangunan, ada ruangan lain, ada 4 kamar WC. Bahkan melalui BID 2019 lalu, sudah disiapkan dalam APBDes 2020 untuk pengadaan pakaian gratis bagi anak-anak PAUD/TK,” kuncinya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More