SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Pelintasan Rawa Aopa Sudah Bisa Dilewati

97

teks / foto : rustam efendi

LASUSUA – SC. Meski sudah dua pekan lamanya banjir menerjang sejumlah desa-desa di Sulawesi Tenggara, namun hingga kini masih banyak desa yang masih sulit diakses untuk dijangkau dengan membawa bantuan.

Bukan itu saja, malah sejumlah jalan poros utama yang menghubungkan sejumlah kabupaten dan trans-sulawesi, mulai tersambung, seperti Jembatan Ameroro Kota Unahaa Kabupaten Konawe dan Jembatan Asera Kabupaten Konawe Utara.

Tetapi juga jalan alternative lainnya sudah dapat dilalui meski kondisinya belum normal. Seperti poros Konawe Selatan (Rawa Aopa) – Kolaka Timur sudah dapat dilalui dengan ‘pengawalan ketat oleh warga.

Untuk  beberapa jenis mobil, kecuali mobil sedang, sudah dapat melewati Jembatan Rawa Aopa. Sudah ada dua titik lintas banjir yang sudah dapat dilewati, meski warga mengenakan jasa penyeberangan.

Setiap mobil yang lewat, dikenakan sumbangan yang fleksibel, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000 setiap kali lewat. Hal ini dibutuhkan warga, karena warga menghabiskan waktunya untuk ‘membimbing’ mobil melewati arus dan lobang-lobang badan jalan yang tidak kelihatan.

Pantauan contributor www.sulawesichannel.com., Rustam Efendi, dari lokasi bahwa untuk motor memang tarif yang dikenakan masih cukup mahal, karena harus melewati titian yang sengaja dibangun warga.

Setiap motor dikenakan Rp 50.000 sekali jalan, dan itu harus melintasi papan-papan yang disusun diantara arus deras. Dengan demikian, maka antrian di sepanjang poros tersebut cukup panjang sembari menunggu giliran untuk melintas. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More