SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

P3MD Koltim Sosialisasikan Gerakan Setengah Miliar Masker

281

Oleh : Amran Apity

RATE-RATE – SC. Dalam rangka mewujudkan desa aman COVID-19 Menteri Desa PDTT Abd. Halim Iskandar  melalui surat edaran nomor S.2294/HM.01.03/VIII/2020 tanggal 04 Aguastus 2020 menyelenggarakan gerakan setengah miliar masker untuk warga desa yang diadakan dengan Dana Desa melalui BUMDesa.

Untuk menindak lanjuti surat edaran tersebut P3MD Kolaka Timur melalui Rapat Koordinasi tanggal 6-7 Agutus 2020 langsung melakukan sosilalisasi gerakan setengah miliar masker.   Pengadaan masker belogo HUT RI ke 75 tersebut ditargetkan sebelum tanggal 17 Agustus 2020 sadah ahrus terima oleh seluruh masyarakat desa mulai dari anak-anak samapai orang tua dengan jumlah 2 lembar perorang bersumber dari Dana Desa dan 2 lembar perorang besumber dari swadaya atau gotong ronyong dari masyarakat yang mampu.

TA PMD Kab. Kolaka Timur L. Amran Apity dalam rakor menegaskan kepada seluruh Pendamping Desa di Kabuapaten Kolaka Timur untuk segera menindak lanjuti surat edaran tersebut kepada seluruh desa-desa diwilayah tugasnya masing-masing selajutnya agar bersama-sama pemerintah desa melakukan hal-hal sebagaii berikut :

  • Sosialisasi gerakan setengah miliar kepada masyarakat
  • Melakukan identifikasi terhadap kebutuhan masker yang harus diadakan oleh desa
  • Melakukan identifikasi kepada masyakat yang mampu mengadakan masker secara suwadaya
  • Mengedentifikasi kebutuhan biaya pengadaan masker dan keresedian dana di BUMDesa untuk pembelian masker
  • Melakukan identifikasi usaha masyarakat yang dapat menyediakan masker yang dibutuhkan oleh desa
  • Melakukan survei atas kelayakan harga masker yang akan diadakan
  • Melakukan pendampingan terhadap pengurus BUMDesa dalam rangka penyusunan Rencana Anggaran pengadaan masker
  • Memastikan jadwal masing-masing desa pembagian masker tersebut kepada masyarakat dan sekaligus memastikan bahwa masker tersebut sampai kepada masyarakat sesuai jumah yang ditargetkan.

Selanjutanya Kepala DPMD Kolaka Timur Hanaruddin menegakan kepada pendamping desa agar hal-hal  yang telah disampaikn para narasumber dalam rakor  untuk segera ditindak lanjuti kedesa-desa.  Distribusi masker kepada masyarakat agar dilaksankan sesuai surat edaran  yaitu dilakukan dari rumah kerumah melalui ibu-ibu PKK Desa dan jika ada kendala terkait pengadan dan distribusi masker belogo HUT RI ke 75 tersebut disgera di koordinasikan kepada camat dami kami DPMD Koltim.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More