SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

NU Ranting Kembaran Inginkan Peran Sosial Banser Memitigasi Kecelakaan Anak Sekolah

71

oleh : cak borni kurniawan

KEMBARAN – SC. Sudah menjadi rutinan tiga bulanan, tepat di malam terakhir tahun 1440 Hijriyah,  pengurus ranting NU Kembaran Kebumen kembali melaksanakan rapat rutinan. Selain untuk menyegarkan dan membangun kedisiplinan organisasi, pertemuan kali ini ditujukan untuk mengumpulkan hasil infaq warga NU yang diwadahi melalui program “koin NU”.

Dalam sambutannya,  ketua tanfidiyah NU Ranting Kembaran, Mudzakir menyampaikan bahwa visi utama agenda koin NU adalah membangun keistiqomahan warga NU untuk mengembangkan pendanaan mandiri organisasi serta nguri-nguri solidaritas sosial antarwarga NU. Karena aksi Koin NU akan dikembalikan untuk warga dalam bentuk program yang manfaatnya dapat dirasakan langsung umat,  tegasnya.

Pengumpulan koin dilakukan secara sederhana, hanya dengan menaruh sekitar 20-an kaleng plastik. Kaleng plastik ditaruh di warung-warung milik warga NU yang ada di Desa Kembaran. Dilaporkan oleh koordinator koin NU,  Tarkhimudin, hasil infaq yang terkumpul per Agustus 2019 sebanyak Rp 1.078.500.

Rapat yang dibuka dengan pembacaan tahlil, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan subanul wathon tersebut juga merembug penguatan peran sosial Banser di Desa. Dalam forum tersebut tercetuskan pentingnya memerankan Banser dalam pengamanan lalu lintas demi menyelamatkan anak-anak sekolah. 

Perlu diketahui di sini bahwa Desa Kembaran adalah desa urban di Kabupaten Kebumen yang memiliki akses yang baik dengan berbagai lembaga publik utamanya sekolah dan perkantoran pemerintah.  Karenanya setiap pagi dan siang hari selalu ramai dengan hilir mudik kendaraan anak sekolah dan pegawai kantoran. Kondisi ini mengancam keselamatan,  utamanya anak-anak SD Kembaran 2. Dalam usulanya,  sekretaris NU Kembaran,  Widodo,  pihak pengurus ranting NU secepatnya akan berkoordinasi dengan pihak Sekolah,  Komite Sekolah dan juga Kepala Desa, sehingga usulan tersebut dapat diterima para pihak tersebut.

Dalam pertemuan tersebut juga terungkap gagasan agar NU Ranting Kembaran mulai melakukan penelusuran jejak sejarah pendiri NU Kebumen. Karena, menurut Syuriah NU Kembaran,  Kiai Ismail,  salah satu pendiri NU Kebumen adalah warga kembaran yaitu KH. Sujai. Dalam arahanya, Kiai Ismail berpendapat agenda ini penting karena di dalam sejarah ada iktibar berharga bagi generasi saat ini dan akan datang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More