SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Musdes Beratapkan Duka

87

teks / foto : muhaja

ASERA – SC. Musyawarah desa sebagai rangkaian dari sejumlah kegiatan dalam proses perencanaan pembangunan yang menjadi keharusan menjelang penetapan APBDes pada gelar Musrembangdes. Seperti lasimnya, desa-desa di Konawe Utara juga melakukan hal yang sama.

Inilah pemukiman Dedsa Tapuwatu

Namun bagi Desa Tapuwatu Kecamatan Asera lain lagi ceritanya. Musdes terpaksa dilaksanakan di bawah tenda darurat. Itupun di desa lain, karena Desa Tapuwatu sudah kosong hunian, yang tinggal adalah bangunan-bangunan, rumah, Posyandu, gedung SD, dan lainnya yang sudah koyak tersapu banjir bandang beberapa bulan lalu.

Desa ini terpaksa dikosongkan, karena sudah tentu tidak mungkin menjadi pemukiman lagi, sehingga warganya harus pindah ke desa lain, atau dengan kebijakan pemerintah daerah setempat mencarikan pemukiman baru yang lebih aman dari ancaman bencana alam.

Beberapa kesepakatan dalam MusDes kali ini adalah :
1. Pengadaan mesin Penyulingan Air Bersih RO (Depot) 1 Unit
2. Pengadaan Sapi 70 ekor
3. Alat Perbengkelan Motor 1 paket.
4. Insentif Perawat Desa
5. Pelatihan Perangkat Desa
6. Peningkatan Kapasitas Kepala Desa
7. Pemeliharaan Sumber Air Bersih milik Desa
8. Penyelenggaraan PAUD
9. Pengembangan Industri Kecil Level Desa
10. Penataan Kawasan Permukiman
11. Penguatan Ketahanan Pangan tingkat desa (lumbung desa)

Demikianlah Musdes hari itu. Meski masih dibalut duka, tetapi senyum merekah masih tersungging bibir warga. Ada optimisme yang terus dibangun, apalagi memang masih terus mendampat pengawalan dari para pendamping desa. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More