SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Menko PMK : “4 Kunci Membangun Desa

72

oleh : borni kurniawan

Menko PMK, Muhadjir Efendi, berkesempatan hadir dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Program Inovasi Desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa PDTT (25/11). Sebelum memberikan pidato sambutan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi, beliau menyampaikan penghargaan pada provinsi terbaik sebagai penyelenggara PID.

Dalam sambutan pidatonya, beliau mengingatkan bahwa Bapak Presiden Joko Widodo arti pentingnya membangun dengan cara baru. Presiden, menekankan kita, tidak bisa menggunakan cara cara lama, tapi harus menggunakan terobosan dan inovasi, tegasnya. Menurutnya memang tidak mudah membangun Indonesia dari desa secara simultan. Tapi saya yakin proses desimenasi dan replikasi praktik inovasi desa akan mempercepat tercapainya tujuan pembangunan, tambahnya.

Ada empat C, menurut Muhadjir yang jadi kunci memajukan Desa. Pertama mendorong tradisi masyarakat berfikir kritis. Kedua kemampuan berfikir kreatif dan iNovatif. Karya inovatif takungkin tanoa didahului berfikir kreatif. Berfikir kreatif tak mungkin tanpa berfikir kritis, jelas mantan Menteri Pendidikan. Ketiga adalah kemampuan berkomunikasi. Karya kreatif hanya berhenti pada oenemunya saja manakala tidak ada upaya mengkomunikasikan dam menularkan pada masyarakat lain dan dipraktikan ulang pada desa yang lain. Tetakhir yaitu membangun kolaborasi. Dengan gotong-royong inilah kita bisa memandirikan dan memajukan desa.

Desa, menurut PMK dapat dikatakan wilayah periferi atau pinggiran. Ibarat memakan bubur panas, jangan coba-coba memakan bagian tengah. Karena kita harus mengambil yang pinggir. Jadi membangun desa pada dasarnya menggunakan teori makan bubur. Dengan cara ini maka wilayah pusat akan terselesaikan. Dan inilah tanggung jawab Kemendes untuk membangun wilayah periferi, sarannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More