SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

MataIwoi dengan Kearifan Umat Hindu dalam Tata Kelola SDA

221

oleh : amran apity

RATERATE – SC. Kolaka Timur memang sejak dahulu terkenal dengan embung desanya, dan telah dikelola dengan berbagai model dan pemanfaatan yang beragam pula. Kali ini adalah embung dari Desa Mataiowi Kec.Loea.

bak air suci bagi warga Umat Hindu

Namun teknis pengelolaa dan tata kelolanya manajemen dari Mataiwoi cukup berbeda dengan desa-desa lainnya. Hal ini karena dipadukan dari sisi pemanfaataan komersil, persawahan dan pemancingan, serta wisata, juga dari aspek keagamaan. Yaitu salah satu kolamnya sebagai sumber air baku sejak dahulu kala telah dijadikan sebagai tempat air suci bagi kalangan umat Hindu dari Desa Mataiwoi.

Kepala Desa Mataiwoi menjelaskan bahwa awalnya adalah berupa mata air baku yang terus melimpah, yang kemudian secara adat Bali Hindu telah disakralkan, dan dipelihara menurut tradisi Hindu. Namun kemudian dalam perkembangannya, utamanya pada lereng-lereng di bawahnya, rawa tersebut yang berupa embung alam, kemudian dengan menggunakan dana desa tahun 2019 telah dimanfaatkan.

“Kami telah membuat embung desa dengan anggaran Dana Desa tahun 2018 sebanyak Rp 368 juta lebih, sehingga embung tersebut dapat berfungsi sebagai air baku cadangan pada musim kemarau bagi sawah-sawah yang ada di bawahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator P3MD-PID Kolaka Timur Amran Apity menambahkan bahwa sesuai dengan arahan Kementerian Desa PDTT, utamanya pada tahun 2019 dan 2020 ini, lebih banyak difokuskan pada ketersediaan potensi desa, makanya Desa Mataiwoi ini juga disepakati untuk membangun lumbung-lumbung pangan dengan embung alam yang menyediakan air baku terus-menerus meski kemarau panjang.

Yang lebih bagus lagi, karena warga desa ini yang mayoritas Umat Hindu juga mengelola SDA tersebut dengan kearifan lokalnya, sehingga pemanfaatan dana desa bukan saja semata-mata komersil, tetapi juga dalam pelestarian budaya bagi masyarakat setempat.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More