SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Mari Rakor di Bokori Island

84

teks / foto : samsul kaedah

Siapa tak kenal Pulau Bokori…? Pulau ini eksotik nan indah dengan pasir putih di bibir Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pulau Bokori terletak di ambang Teluk Kendari. Secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Konawe, tepatnya di Kecamatan Soropia.  

Ada 3 pelabuhan penyeberangan untuk sampai di Bokori, di Desa Bajoe salah satunya. Desa Bajoe kini menjadi dermaga penyeberangan utama ke Bokori. Biaya yang dibutuhkan untuk menyeberang relatif murah hanya Rp. 15.000 – Rp. 20.000 / orang.

Sabtu 21 September 2019, kami Pendamping Desa se Kabupaten Konawe yang difasilitasi oleh Tim TA,  berkesempatan datang berkunjung di pulau tersebut. Sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi Kabupaten Konawe.

Pagi tadi angin teluk Kendari semilir kencang. Kering namun sejuk. Meski baru pukul 08.00 Wita, panas terik telah menghampiri.

Rakorkab

Rapat Koordinasi Kabupaten Konawe periode September 2019 dilaksanakan di Pulau Bokori, Kec. Soropia pada hari ini Sabtu 21 September 2019 dan direncanakan berakhir pada esok harinya.

Adapun beberapa agenda yang dibahas dalam Rakorkab kali ini di antaranya adalah :
Evaluasi progres tahapan stunting 2020 : pembentukan KPM, pelatihan PSDM, pemetaan sosial, pembentukan Rumah Desa Sehat, laporan scorecard, pra musyawarah desa (rembuk stunting desa).

  1. Evaluasi progres realisasi kegiatan Dana Desa 2019 & Pelaporan Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE) : Tahap 1 (20%) dan Tahap 2 (40%) baik Sarana Prasarana (Sapras) maupun Non Sarana Prasaranan (Non Sapras).
  2. Evaluasi Progres Tahapan Perencanaan Pembangunan Desa TA 2020.
  3. Peneguhan komitmen replikasi inovasi desa di APBDesa 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More