SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Lompatan Yance, Dari Pendamping Desa Menjadi Senator RI dari Papua Barat

59

Namanya Yance Samonsabo, SH, MSi. Ia asli Papua Barat, Manokwari. Sekarang ia duduk sebagai senator atau anggota DPD RI.

Sebelum menjadi senator, ia lama menjadi pemberdaya, teoatnya bergabung sejak PPK lahir tahun 89an. Sampai PNPM dia masih gabung sebagai fasilitator. Kemudian setelah ada program pendampingan desa, ia pun masih bergabung. Tidak ada yang mengira pada tahun 2019, Yance melompat tinggi sukses menembus DPD RI.

Menurut Yance, suksesnya mwnjadi anghota DPD sama sekali tidak masuk dalam perencanaam hidupnya. Tapi dorongan dan dukungan dari jejaring pendamping desa di
Papua, menghendakinya maju dalam perebutan kursi DPD. Seluruh jejaring pendamping bergerak cepat memggalang KTP. Syarat menjadi calon DPD hanya distandarkan 1000 KTP, tapi jejaring pendamping, berhasil menggalang KTP hingga 3000 lembar.

Di lain pihak Yance bercerita sama sekali tidak ada uang. Dari mana saya punya ung, kerjaan saya hanya tenaga teknis peogram P3MD. Tapi kekuatan jaringan pendamping mampu mengantarkan saya ke senayang. 10 tahun saya bersama pendamping, suka duka mereka saya tahu. Jadi, sungguh saya duduk di senayan tanpa uang, cerita Yance sambil terbata agak bersedih di depan peserta TOT Penguatan kapasitas PLD.

Begitu saya ditetapkan lolos sebagai anggota DPDRI, oleh KPU saya bersedih karena berpisah dengan para pendamping. Hati kami satu, tegas Yance. Sekarang Yance bergabung di Komisi 3 DPRRI. Meski komisi ini tidak membawahi langsung urusan pendamping desa yang dikelola Kemendesa PDTT, dia bertekad memperjuangkan nasib pendamping. Salah satunya mau memperjuangkan UU tentang BUMDesa. Dia mengaku sudah melobi komisi satu. Hasilnya komisi satu menyutujui akan memasukan pembahasan RUU BUMDesa menjadi agenda prolegnas 2020 nanti. Ini bila diperlukan menurut bapak obu sekalian, maka akn saya perjuangkan tegas Yance kepada para pendamping desa yang masih betah mengikuti gelar ceritanya di sela-sela TOT penguatan kapasitas PLD tersebut.(borni)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More