SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Lembah Ahuwali, Siap Tampung Ribuan Ekor Sapi

92

oleh : sultandarampa

UNAHAA – SC. Desa Ahuwali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe memiliki ekosistem padang savana yang sangat luas. Dan diantara padang-padang tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai spot wisata pada beberapa puncaknya, termasuk diantaranya adalah road race.

Padang-padang yang diselingi dengan kelompk hutan, hutan perdu, menjadi hamparan yang menghijau sepanjang pemandangan, dan yang kemudian terhalang pada ‘dinding’ yang melingkari lembah-lembah tersebut.

Kepala Desa Ahuwali Kecamatan Puriala mengakui, kalau hamparan savana tersebut adalah potensi pengembangan ternak sapi, apalagi kalau musim penghujan, sehingga rumput savana ini tumbuh dengan suburnya.

“Padang yang luasnya 300 hektar ini mampu menampung ribuan ekor sapi,” ungkapnya. Apalagi dengan menggunakan dana desa 2020 ini, akan membuatkan runch raksasa dengan pagar kawat besi yang mengelilingi bukit sebagai batasnya.

Dengan cara ini, maka hanya ada satu pintu gerbang untuk keluar masuknya ternak tersebut, yaitu di ‘mulut’ desa, jalan poros yang menghubungkan dusun dengan padang savana tersebut. “Pintu ini juga sekaligus keluar masuknya para pelancong dan warga yang ingin menikmati aktraksi dan perkemahan di puncak bukit,” lanjutnya.

Potensi ternak ini diakui bahwa diantara 90an kepala keluarga di desanya, hanya tinggal 20 kk yang tidak memiliki sapi. Untuk itu, maka tahun anggaran 2020 ini, warga tersebut juga akan menerima bantuan dari dana desa. Sehingga seluruh kepala keluarga sudah memiliki masa depan yang dapat dijadikan modal pengembangan ekonominya.

Sebelum rencana realisasi ini, maka terlebih dahulu para pendamping desa dan TA-TTG Konawe, menfasilitasi pelatihan pembuatan pakan alami kering untuk mengatasi masa-masa packelin pakan dalam musim kemarau.

“Dengan metode dan teknologi sederhana, maka kami mendatangkan pelatih dari BLK (balai latihan Komunitas) Pinrang di bawah naungan Yayasan Penerus Perjuangan Perintis Kemerdekaan Indonesia (P3KI) yang dikomandoi Bang Anchu (red, Usman Sadiqin Andi Makassau), untuk melatih para warga membuat pakan alami,” ungkap TA-TTG Konawe Irvan Umar. Anak bungsu dari mantan Ketua DPRD Konawe Umar Chong ini memastikan bahwa dengan hasil pelatihan ini, maka ke depan warga selain sudah dapat membuat pakan alam, yang murah, ekonomi dan efektif, juga sudah dapat mengantisipasi krisis pakan yang tiap terjadi di desa ini. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More