SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Lamendora, Semangat PKT Ciptakan Ekonomi Desa

62

teks / foto : samsul

KENDARI – SC. Desa Lamendora Kecamatan Kapoiala Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara masih memiliki semangat kegotongroyongan yang kuat, solid, dan selama ini saling bantu membantu meski memang secara kultural sudah berbagai berbagai latarbelakang budaya dan daerah muasal.

Lahan-lahan perkebunan juga di desa ini masih luas, dan memungkin untuk berbagai pengembangan produk unggulan masyarakat, terutama untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Diantara potensi itu, luas sawah yang saat ini sudah diolah 50 hektar. Demikian pula dengan kebun jangka panjang, seperti kebun jati juga 40 hektar, kebun kemiri seluas 20 hektar. Lalu kebun sayuran dan musiman cukup luas.

Bahkan masih terpelihara dengan baik ekosistem sagu. Dimana sagu ini adalah tanaman tradisional oleh warga setempat sebelum popular padi, dan oleh warga setempat sagu dapat dikelola dengan baik berbagai macam menu.

Dengan potensi tersebut, meski warga telah memanfaatkan lahan-lahan tersebut, namun masih mengalami kendala, karena minimnya akses untuk lahan perkebunan mereka, sehingga sulit untuk angkut ke luar, baik menuju pemukiman maupun menuju jalur pasar.

Dengan kondisi demikian, maka selama ini warga belum mengandalkan potensi lahan-lahan tersebut sebagai produksi yang secara ekonomi dapat diandalkan. Jadi produksinya hanya sekedar untuk menutupi biaya makan dan lainnya.

Berdasarkan hasil musyawarah warga, maka disepakati perencanaan tahun lalu, untuk membuat jalan sepanjang 335 meter dengan anggaran Dana Desa Rp. 81.956.000.

Maka pekerjaan pembukaan jalan tersebut juga dilakukan secara padat karya tunai. Dengan antusiasme warga, maka terlihat pekerjaan dengan panjang 335 meter tersebut hanya membutuhkan hampir RP 82 juta.

“Ya ini akibat dari partisipasi warga, dengan semangat kegotongroyongan dengan terjaga masih sangat bagus, maka semuanya dapat diselesaikan,” ungkap Kades Lamendora Jurlin.

Bahkan jalan ini kata Jurlin juga sekaligus mengubungkan dengan desa tetangga, Desa Bumi Indah, Kec. Lalonggasumeeto. “. Lancarnya arus jalan akan sangat menunjang perkembangan perekonomian dan sosial Desa Lamendora. Dengan adanya jalan desa ini akan mempermudah dan mempercepat arus mobilitas barang dan jasa, jadi sudah langsung ke pasar-pasar,” terangnya.

Nama Kades : JURLIN
Nama PDTI : Ronalddin, ST
Nama PLD : Erna
Nama PLD : Unding Frediawan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More