SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

La Ode Mustari : “Desa Telah Jadi Pelaku Utama Pembangunan”

253

teks / foto : sultandarampa

JAKARTA – SC. Pelaksana Harian Sekretaris Daerah ((Sekda) Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara, Drs.H.La Ode Mustari, M.Si., mengungkapkan bahwa setelah melalui perjalanan panjang Undang-Undang No.06 Tentang Desa, telah berjalan dengan optimal, utamanya dalam pengoptimalan penggunaan dana desa.

“Peran dan bukti bahwa dana desa telah menjadi bagian pembangkit ekonomi dan pembangunan desa. Suara desa semakin dengar, telah menjadi perancang pembangunan, atau subyek / pelaku, bukan hanya menjadi sasaran dan obyek,” ungkapnya dihadapan ratusan peserta Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Propinsi Sulawesi Tenggara, di Swiss BellHotel 28 Nopember 2019.

Menurutnya, dengan derap pembangunan yang semakin kencang di desa, maka dibutuhkan system pengelolaan yang baik, termasuk pengelolaan administrasi keuangan. Harus memenuhi unsur-unsur akuntabel, transparan dan lainnya.

Untuk memastikan berjalannya system tersebut, maka diperlukan system pengawasan dalam pengelolaan dana desa.

“Dibutuhkan semua keterlibatan lintas OPD, baik kabupaten maupun propinsi, dalam rangka memperkuat system pengawasan dalam pembangunan desa,” tambahnya.

Disamping adanya system pengawasan dan pemantauan oleh berbagai pihak, termasuk warga sendiri, maka pendamping desa harus betul-betul memperkuat data dan informasi yang ada di wilayah dampingannya masing-masing.

Maka dengan demikian, dana desa bisa tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna dalam penggunaannya.

Oleh karena itu, sekali lagi mantan Calon Walikota Baubau ini berharap bahwa kredibelitas pendamping ke depan semakin dipertaruhkan dalam melakukan kerja-kerja pendampingan. “Ini adalah tugas kita semua untuk semakin memperkuat peran-peran desa dalam pembangunan,”kuncinya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More