SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Konawe Salurkan BLT-DD ke 14.600 KK

122

Oleh : Irvan Umar / TA-TTG Konawe

UNAHAA – SC. Udara masih pagi, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa telah melounching pencairan bantuan langsung dana desa sebanyak 291 desa. Jumlah penerima BLT-DD secara keseluruhan untuk 291 desa ini sebanyak 14.600 KK, dengan total anggaran yang dibutuhkan Rp 28 milyar lebih.

Lounching yang dipusatkan di Kota Unahaa, 19 Mei 2020 ini turut dihadiri sejumlah OPD, pemerintah kecamatan, Pemdes, dan perwakilan penerima BLT-DD dari masing-masing desa.

Lalu dari lounching (penyerahan secara simbolik) ini, kemudian besoknya, 20 Mei 2020, dilakukan pencairan BLT-DD bagi 31 desa di beberapa kecamatan di Konawe gelombang pertama. Sesudah itu, akan menyusul desa-desa lain yang diharapkan rampung semua desa mencairkan BLT-D periode I-nya.

Bupati Kery Saiful Konggoasa dihadapan para peserta lounching mengingatkan agar penyaluran nanti BLT-DD ini betul-betul dilaksanakan sesuai dengan mekanis aturan yang ada, tidak boleh ada penyimpangan.

“Saya tidak mau lihat ada data tumpang tindih dalam penerimaan bantuan, baik BLT-DD, maupun bantuan lain seperti Bansos dan lainnya. Ini harus betul-betul dirapikan datanya dan dicrosscheck ulang agar tidak penyimpangan atau salah sasaran bantuan,” ujarnya.

Kery juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk turun langsung ke lapangan, dan membuat semacam sticker yang akan ditempelkan di rumah-rumah warga penerima bantuan sehingga menjadi jelas, dan transparan.

“Jadi nanti kita tempelkan sticker itu di masing-masing dinding depan rumah penerima, agar semua warga tahu bahwa penghuni rumah ini (KK) telah menerima bantuan,” rencananya, bukan hanya BLT-DD, tetapi juga PKH, Bansos dan lainnya.

Kery mengingatkan bahwa asal mula bantuan ini diluncurkan karena salah satu upaya pemerintah untuk menangkal Covid. “Pemerintah pusat telah menginstruksikan agar salah satu upaya menangkal persebaran Covid ini adalah dengan BLT-DD, termasuk dengan bantuan lainnya,” ungkapnya.

Ia meminta agar seluruh Kades betul-betul melaksanakan instruksi tersebut dengan baik dan benar, dan senantiasa memperhatikan warganya yang betul-betul layak mendapatkan bantuan.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More