SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

ke Mandiodo Saja, Ada Balai Lansia

80

teks : h.aswad

MOLAWE – SC. Setelah sukses meluncurkan Akademi Rumah Desa Sehat Desa Toreo Kecamatan Wawolesea Kab.Konawe Utara dengan ‘mahasiswa’ 37 orang ini, maka kembali TA-PSD Konut Hajar Aswad menggagas berdirinya Balai Lansia di Desa Mandiodo Kecamatan Molawe Konawe Utara.

“Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa Posyandu hanya penting bagi balita dan ibu hamil,” ungkapnya, padahal menurut mereka Balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan satatus kesehatannya.

Cukup berbeda dengan Lansia, proses penuan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan.

Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka Lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis.  

Untuk itu pemerintah Desa Mandiodo telah menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan status kesehatan para Lansia.

Melalui replikasi Bursa Inonasi Desa pada Tahun 2018 mengambil komitmen yang dituangkan dalam kartu komitmen bersama BPD dan perwakilan masyarakat Desa Mandiodo menyepakati   Pembangunan Posyandu Lansia.

Kemudian pada saat pelaksanaan Musyarawah Desa dijadikan skala prioritas yang dituangkan dalam RKP dan APBDes Tahun Anggaran 2019, dengan jumlah  Anggaran Rp. 197.155.000. “Dengan Balai Lansia ini, maka jaminan pelayanan kesehatan buat mereka dengan menggunakan dana desa semakin baik dan terkontrol,” ucapnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More