SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Kalosara, Gerakan Membangun Kapoiala yang Unggul

130

teks / foto : syamsul kaedah

KENDARI – SC. Usai pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa Tahun 2020, kini TPPI Kapoiala bersama Pemerintah Kecamatan dan Desa tengah mempersiapkan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) berikutnya seperti Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan Penyelarasan Program/Kegiatan Masuk ke Desa, Pencermatan Ulang RPJMDesa, Penyusunan Rancangan RKPDesa 2020, hingga target Penetapan RKPDesa 2020 melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) di akhir November 2019 mendatang.

Tentunya RKTL dan target ini juga mengalami hambatan dan kendala lapangan, akan tetapi akan ada langkah-langkah aksi sebelum lanjut tahapan tersebut.

“Salah satu kendala yang dihadapi adalah atmosfer dan dinamika politik desa menjelang Pemilihan Kepala Desa (PilKades) serentak di Kabupaten Konawe. Tapi, boleh jadi kendala dan tantangan itu bisa berubah menjadi potensi dan kekuatan manakala kita betul-betul mampu mengakomodir semua masukan dari kelompok warga untuk kita jadikan sebagai salah satu bahan diskusi di Musayarah Desa nantinya” tutur Sartono salah seorang PLD di Kapoiala.

Visi Pemerintah Kecamatan Kapoiala saat ini adalah “Gerbang Kalosara”, Gerakan Membangun Kapoiala yang Unggul, Responsif dan Sejahtera”.

“Visi Gerbang Kalosara merupakan kerangka gerak kita dalam membangun, visi ini tentu saja dapat terwujud manakala ada kebersamaan keluarga di semua wilayah Desa/Kelurahan di Kecamatan Kapoiala” ungkap Camat Kapoiala Muh. Shobri Rustam.

Camat Kapoiala menambahkan bahwa apa yang tengah dilakukaan dan sedang direncanakan saat ini juga tidak terlepas dari amanat Permendagri 114/2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa. Walapun mungkin masih jauh dari kesempurnaan, namun tidak ada salahnya jika sedini mungkin kita mencoba untuk terus membangun substansi dalam proses Perencanaan Pembangunan Desa 2020.

Sebelumnya, beberapa output yang telah dicapai dalam Perencanaan Pembangunan Desa 2020 melalui Musyawarah Desa adalah terbentuknya Tim Verifikasi dan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2020, Hasil Pencermatan Ulang Dokumen RPJMDesa, Rumusan Program Konvergensi Stunting, Hasil Kajian Potensi dan Kelemahan Indeks Desa Membangun (IDM), Hasil Kajian re-Replikasi Komitmen Inovasi Desa, maupun rumusan agenda lanjutan tahapan Perencanaan Pembangunan Desa 2020.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More