SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Gebrakan Baru Pemerintahan Kades Mantan PLD

209

oleh ; borni kurniawan

Kepala desa baru Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen tak lama setelah dilantik 11 Desember 2019 lalu membuat gebrakan di awal pemerintahan 2020 ini.  Gebrakannya, pertama revitalisasi kelembagaan petani hingga infrastruktur dan sarana prasarana pertanian. Eri, kades baru tersebut yang beberapa bulan lalu masih menjabat PLD di kecamatan Karanganyar,  menyampaikan dia telah meminta kepada poktan segera menginventrisasi irigasi tersier yang butuh dierbaiki.dalam waktu dekat saya juga akan mereorganisasi dan merevitalisasi lumbung desa 30 ton simpanan padi yang selama ini hanya dikelola untuk simpan pinjam anggota poktan akan diarahkan untuk memeuhi kebutuhan pemkab yang setian tahun memiliki bantuan pangan non tunai untuk warga miskin. Menurut Eti dalam setiap bulan Grenggeng siang menyuplai 3,5 ton.

Gebrakan kedua yaitu pengembangan peta desa digital.  Saat ini kami sedang membuat peta dasarnya dulu.  Ini dikerjakan oleh Karang Taruna pakai aplikasi corel draw. Rencananya setiap RT akan kami buatkan peta dasar.  RT kami sampai 48.

 sambung Eri. Dari peta ini,  dalam penjelasan Eri,  publik akan tahu berapa jumlah rumah tangga tiap wilayah,  termasuk potensi tanguble dan intangible tiap wilayah.  Jadi ini akan memudahkan pembuatan RPJMDesa. Target dalam tiga bulan RPJMDesa yang saya susun secara partisipatif ini selesai, jelas Kades yang pernah aktif di PMII ini.

Perlu diketahui,  Grenggeng dikenal pusatnya kerajinan anyaman pandannya Kebumen.  Selain itu di desa ini bersemayam makam wali keturunan kerajaan Mataram Islam yang bernama Syech Haryo Baribin. Grenggeng juga dilewati kali Kemit yang dalam sejarahnya diketahui sebagai lokasi duel antara TNI dengan kolonial Belanda yang di zaman penjajahan berhasil menguadai Gombong sebagai tangsi militer.  Karenanya selain menjadi jujugan para peziarah Syech Baribin,  Grenggeng sering didatangi para veteran perang untuk sekadar mengingat perjuangan kemerdekaan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More