SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

PAUD Inovatif Antar Tirawuta Desa Terbaik Nasional

398

oleh : sultandarampa

RATE-RATE – SC. Salah satu desa yang lolos dalam nominasi PAUD / TK terbaik 2019 adalah Desa Tirawuta Kecamatan Tirawuta Kab.Kolaka Timur karena dinilai inovatif dalam pengelolaan pendidikan usia dini.

Koordinator P3MD-PID Kementerian Desa PDTT Kabupaten Kolaka Timur, Amran Apiti menegaskan bahwa penyampaian itu diterimanya dari pusat lewat Koordinator Propinsi P3MD-PID Sultra. “Ya, alhamdhulillah karena kita juga masuk terbaik diantara dua desa lainnya dengan berbeda kategori,” ungkapnya.

Amran menegaskan, bahwa ini semua lahir dari kesungguhan bekerja semua pihak, termasuk kepala desa dan aparatnya, serta warga. Apalagi memang para pedagang di wilayah itu sangat intens untuk mengawal agenda-agenda pelayanan dasar dan kegiatan inovasi lainnya.

Seperti diketahui bahwa  PAUD/TK Perintis Ananda pada awalnya gedung Posyandu  ruangan yang berukuran 2 x 3 m tanpa meja dan lemari dan hanya beralaskan selembar karpet dengan pembiayaan uang pribadi kepala TK.

Kondisi awal TK Perintis Ananda masih jauh dari kondusif baik dari segi sarana dan prasarana, pembiayaan, tenaga pendidik, serta paradigma atau pandangan masyarakat sekitar yang belum memahami pentingnya pendidikan anak usia dini. Namun karena sehubungan dengan akan diadakannya lomba desa tingkat kabupaten padatahun 2013 sehingga proses pembelajaran TK Perintis Ananda yang semula di gedung Posyandu dialihkan ke gedung PKK.

TK Perintis Ananda adalah bentuk layanan pendidikan anak usia dini yang penyelenggaraannya di lakukan di gedung PKK. TK Perintis Ananda satu-satunya TK di desa Tirawuta yang terletak 300 m dari jalan poros, dan berdiri sejak tanggal 01 oktober 2012 dengan jumlah awal anak didik sebanyak  9 orang dengan kepala sekolah bernama Suhaeni dan pendidik bernama Fitriani Djufri.

Untuk proses belajar sehari-hari, awalnya TK Perintis Ananda sebagian besar hanya menggunakan bahan-bahan alam yang tersedia dilingkungan sekitar  TK dan alat peraga buatan tenaga pendidik . Namun hal tersebut tidak mengurangi antusias para peserta didik dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki.

Menyusun Rencana :
Mengidentifikasi permasalah yang ada dengan menyusun visi misi TK untuk mencapai cita-cita dan harapan organisasi sekolah dan di sosialisakan kepada seluruh warga sekolah.

Menyusun kurikulum bidang pengembangan di TK pada tahun berjalan yang terdiri dari struktur kurikulum, silabus, prota, promes, RPPM, dan RPPH secara bersama.

Menyusun pembagian tugas pada seluruh kegiatan sekolah. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Menyusun perencanaan pengembangan diri peserta didik dengan kegiatan di bidang  fisik motorik yang di senangi peserta didik. Membentuk komite sekolah agar terjalin komunikasi yang efektif dan rasa kebersamaan seluruh warga sekolah.

Inovasi
Jenis kegiatan pembelajaran di TK kami selain bermain sambil belajar, kami juga melakukan pembelajaran di luar kelas yaitu dilingkungan TK it sendiri serta pembelajaran dg melakukan kegiatan kunjungan seperti belajar yang inovatif seperti :

  • Belajar di Kantor Perpusatakaan desa.
  • Belajar di Kantor Pos,
  • Belajar ke Kantor Polisi terdekat,
  • Belajar ke Taman Buah,
  • Belajar ke tempat Penggilingan Padi
  • Bealajar ke Tempat Buat Batu-Bata

Sedangkan lomba-lomba yang sering diikuti adalah :

  • Lomba Kegiatan Anak-Anak
  • Drumbank Cilik yang Ikut Para Harla Kab.Koltim
  • Lomba Busana Adat

Kegiatan-kegiatan inovatif mendapat pembiayaan dari Dana Desa, dan merupakan hasil kartu Komitmen BID 2018 yang direaliasisakan APBDes 2019, dan dilanjutkan BID 2019 dan sudah dimasukkan dalam Penetapan RKPDes dan APBDes 2020. 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More