SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Dinas Ketahanan Pangan Muna Bantu Teknologi Jagung Desa Lakandito

66

oleh : abdurahman / muna

RAHA – SC. Prestasi yang diraih oleh Desa Lakandito Kecamatan Kabangka Kab.Muna Sulawesi Tenggara sebagai juara I Nasional Desa Terbaik Prude juga telah mendapat apresiasi oleh Pemerintah Daerah Muna, khususnya oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan memberikan sejumlah bantuan dalam meningkatkan produksi jagung.

Bantuan yang diserahkan oleh Kepala Bidang Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Muna adalah :

1. Pupuk organik 10 ados
2. Hand sprayer 10
3. Timbangan Digital
4. Alat pengukur kadar air jagung
5. Mesin penjahit karung
6. Terpal pengering jagung
7. Alat pengukur kadar air

Kepala Bidang Distribusi Dinas Ketahanan Pangan, La Tahilu SP, mengungkapkan bahwa dengan bantuan tersebut semoga dapat memberi manfaat yang efektif dalam peningkatan produksi dan kualitas jagung dari desa ini.

“Dengan sejumlah peralatan dan daya dukung ini, selain semakin meningkatkan produksi jagung, tetapi juga akan memberikan kualitas produksi jagung untuk pasaran semakin baik, karena dapat diukur dengan kadar airnya, sehingga kualitasnya dapat memenuhi permintaan pasar regional,” ungkapnya.

Sementatra itu, Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Program Inovasi Desa (P3MD-PID) Kementerian Desa PDTT Sulawesi Tenggara, La Ode Syahruddin Kaeba menambahkan bahwa dengan pemanfaatan dana desa secara optimal dan dapat menyentuh langsung kebutuhan ekonomi warga, menjadi salah satu tujuan utama digelarnya dana desa oleh Kementerian Desa dan PDTT.

“Apa yang terjadi di Desa Lakandito menjadi bukti kongkrit dalam pengelolaan dana desa yang baik. Tinggal bagaimana terus memperkuat diri dengan strategi pendamping yang baik dan perencanaan yang semakin baik pula,” tambahnya. Menyikapi bantuan dan perhatian dari Pemkab Muna, Bang Brewok (sapaan akrab La Ode Syahruddin Kaeba), menyebtukan bahwa dengan terintegrasinya antara program P3MD-PID dengan pihak pemerinah daerah yang dituangkan dalam dukungan riil langsung ke desa, maka cita-cita Desa Surga, akan semakin mudah diwujudkan.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More