SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Desa Liku Walanapo, Mimpi Indah Setelah 76 Tahun

227

oleh : guntur

Bukan sebuah isapan jempol selama bertahun tahun masyarakat Desa Liku Walanapo Kecamatan Uesi, Kabupaten Kolaka timur, sangat mendambakan akses jalan menuju perkampungan.

Alhasil di bawah tangan dingin Guntur atau biasa di sapa Gun adalah seorang Kepala Desa yang baru saja dilantik enam bulan lalu oleh Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Dalam sambutanya saat itu, Bupati menitipkan pesan moril terhadap para Kepala Desa agar segera mungkin membagun desanya melalui Dana Desa (DD).

Tanpa menunggu waktu lama Kepala Desa Liku walanapo Guntur langsung membuktikan geliat pembangunan infrastruktur jalan, pincara (penyeberangan), gudang bukan sebuah isapan jempol.
Oleh beberapa tokoh masyarakat yang di temui, salah satunya sebut saja pak Bali ,salah seorang warga Desa tersebut bahwa selama 76 tahun Indonesia Merdeka baru kali ini warga merasakan jalan seperti ini sambil menujuk pembukaan jalan yang dilaluinya sembari meneteskan air mata dengan menutup kalimatnya luar biasa ini Gunutr, Kepala Desa baru.

Di tempat terpisah salah seorang Tokoh pendidik, juga di kenal tokoh pemekaran Desa mungkin di kalangan masyarakat tidak asing lagi nama beliau biasa di panggil guru Armin juga menuturkan dengan puitis dan pribahasa yang elok menyebut 76 Tahun mimpi para leluhur terjawab sudah, ini sudah kenyataan bukan lagi sebuah janji politik tapi fakta sambil tersenyum sumbringah sesekali menghisap rokok Surya sambil di hembuskanya.

Dari hasil pantauan perjalanan penulis menuju Desa Liku Walanapo banyak hal yang dapat menggugah perasaan penulis sebagai obat lelah, adalah panorama yang indah dengan banyaknya destinasi wisata Air terjun, puncak gunung yang indah, danau telaga biru yang airnya mengalir di bawah tanah yang konon ceritanya air tersebut mengalir menghidupi seantero masyarakat Haluoleo Raya atau sebagian besar masyarakat Sulawesi tenggara yang mendiami beberapa daerah Kabupaten Konawe, Konut, Koltim, Konsel, Kolut,dan Kolaka.

Jika pemerintah melihat dan mengelola potensi wisata tersebut maka Desa liku walanapo adalah aset daerah yang mahal bagi kesehjateraan masyarakat Kolaka timur secara umum dan masyarakat Liku walanapo secara khusus, apalagi Alhamndulillah akses jalan sudah terbuka tutup penulis.*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More