SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Camat Tongkuno : “Lapor ke Saya Agar Optimal Peran KPM”

96

Teks / foto : nur arduk

TONGKUNO – SC. Giliran Region Muna yang terdiri atas Kecamatan Tongkuno dan Tongkuno Selatan menggelar pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Dipusatkan di Desa Fongkinawa Kecamatan Tongkuno, Kab.Muna.

Peserta terdiri atas 2 orang dari satu desa dari kader pembangunan manusia dan perangkat desa, dimana Kecamatan Tongkuno sebanyak 9 desa, dan Tongkuno Selatan 5 desa, sehingga total peserta yang hadir sebanyak 28 orang.  Selain itu hadir pula, Aparat kedua kecaamtan tersebut, para pendamping desa, tenaga ahli yang tim pengelola kegiatan desa (TPID) yang juga selaku panitia.

Camat Tongkuno, Ashar S.Pd.,MP., sebelum membuka acara mengungkapkan bahwa para peserta sebaiknya memanfaatkan momen pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, menyerap segala materi ilmu dan pengalaman dari para narasumber.

“Jika ada hal (materi) yang kurang dipahami dengan baik, maka langsung saja ditanyakan ke narasumber, sehingga ketika pulang nanti ke desanya, sudah dapat menfilitasi warga sesuai dengan tugas-tugasnya sebagai KPM,” pintanya.

Sementara untuk aparat desa atau Sekdes yang hadir sebagai peserta, Camat juga menekankan pentingnya peran-peran Sekdes dalam pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan, dan salah satu tugas barunya adalah menfasilitasi dan membantu atau memperlancar tugas-tugas KPM nantinya.

“Kalau toh nantinya ada kekurangmengertian atau membutuhkan dukungan antardesa, maka silahkan konsultasi langsung dengan saya selaku kepala pemerintahan di kecamatan. Kita akan sama-sama membangun daerah ini sesuai dengan tugas dan kemampuan kita masing-masing,” Ashar menyarankan.

Terkait kelancaran tugas KPM dan Sekdes, Camat meminta agar kepala desa pada dua kecamatan ini agar nantinya memperhatikan kegiatan-kegiatan atau kebutuhan kesehatan masyarakat agar teranggarkan dalam APBDes 2020.

Apalagi, lanjutnya, kalau banyak Kades yang sudah paham dengan pentingnya PSDM ini, ditambah dengan hasil-hasil bursa inovasi serta data-data IDM yang nantinya akan diselaraskan yang kemudian ditindaklanjuti bersama-sama.

Diakhir, sambutannya, Camat Tongkuno ini menegaskan bahwa para KPM, Sekdes dan Kades, harus betul-betul mampu bekerjasama dengan para pendamping desa dan TPID. “Ini adalah kelembagaan social yang telah disediakan oleh pemerintah / negara untuk membantu pembangunan di desa dan pelayanan kemasyarakatan. Harus mampu kerjasama,” ternagnya, seraya meminta jika ada hal yang kurang berkenan pada proses pendampingan oleh para pendamping dan soal keinovasian oleh para TPID silahkan melapor langsung ke Camat. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More