SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

BUMDes Berkah Kelola Depot Air Minum 60 Pekerja

66

teks / foto : amran apity

Secara geografis Desa Matabondu Kecamatan Tirwuta Kabupaten Kolaka Timur memiliki luas wilayah sekitar 6,3 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 784 jiwa dan luas lahan pemukiman sebesar 86 Ha.

Desa Matabondu juga memiliki orbitas atau jarak antar ibukota yaitu jarak antara Desa Matabondu dengan ibukota kecamatan berkisar 4 Km, jarak antara desa dengan ibukota kabupaten berkisar 7 Km, dan Desa Matabondu dengan ibukota provinsi Kurang Lebih 110 Km.

Secara khusus pada tahun tahun 2019, maka alokasi untik BUMDes sebesar Rp 420 juta, dengan pengembangan usaha pengolahan air minum mineral secara besar-besaran.

Pabrik pengisian air kemasan menyerap enaga kerja lokal, sekitar sekitar 50 orang, dan ditahap berikutnya disesuaikan dengan kebutuhan sekitar 10 orang lagi, sehingga secara total daya serap tenaga kerja sekitar 60 orang yang merupakan warga setempat.

Itu yang bekerja langsung pada pengelolaan depot air minum tersebut. Belum termasuk depok-depot kecil yang dipasok di beberapa dusun atau desa-desa tetangga yang memang sudah berkomitmen mengkonsumsi air minum tersebut.

Sehingga pada tahun 2019 ini, maka daya serap kerja BUMDes sdah bisa mencapai 100 warga, sehingga tahun ini pabrik produksi air minum kemasasan yang dikelola oleh BUMDes Berkah semakin maju, dan sudah dapat merayapi pasar-pasar lintas desa, bahkan pemesannya juga sudah mencakup kecamatan tetangga.

Suksesnya pemanfaatan dana desa yang dirasakan oleh masyarakat Matabondu tentunya juga tidak lepas dari peran serta seluruh warga desa, peran aparatur desa dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan antar warga juga menjadi kunci utama.

Semua aktivitas tersebut diakui Kades adalah di Balai Warga yang memang sengaja dibangun dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Balai ini bukan saja menjadi gudang bagi galon-galon pengisian, tetapi juga semacam literasi informasi warga, jadi berbagai baliho, termasuk papan informasi APBDes ini, dan informasi lainnya juga terpajang disitu.

Jadi ketika warga merasa memerlukan satu informasi, maka dengan mudahnya bisa didapatkan di balai ini, termasuk untuk pertemuan khusus, maupun kegiatan budaya lainnya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More