SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Bila Ilalang Rawa Jadi Aneka Tikar dan Tas Alami

169

oleh : santo / pld puriala

UNAHAA – SC. Hamparan ekosistem rawa di luapan Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang sepanjang tahun ternyata mampu dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir rawa dengan baik. Bukan hanya untuk nelayan tangkap, atau budidaya udang dan ikan air tawar, untuk minum ternak, tetapi juga untuk kebutuhan sandang bagi rumah tangga.

Dengan rumput rawa yang masih bervegetasi padat, dan cenderung menjadi gulma yang dapat mengganggu produksi budidaya, maka warga Desa Wawosannggula Kecamatan Puriala Kab.Konawe Sulawesi Tenggara memanfaatkannya dengan berbagai kerajinan, termasuk diantaranya adalah kerajinan aneka tikar, tas, keranjang, atau pun bentuk aksesoris lainnya menjadi peralatan dapur.

“Sudah 30 orang perempuan dan ibu-ibu yang tergabung ke dalam tiga kelompok, telah mampu membuat anyaman tikar, aneka tas, dan peralatan lainnya,” ungkap Kades Wawosanggula, Yuri.

Dengan menggunakan dana desa sebanyak Rp 14,8 juta lebih, maka kembali ibu rumah tangga dan perempuan muda dilatih untuk membuat kerajinan yang serupa, sehingga produksi yang dihasilkan dapat lebih menarik, kualitasnya lebih bagus, pengemasannya lebih cantik, sehingga dapat menarik berbagai pelanggan, apalagi untuk kebutuhan buah tangan bagi para tamu yang berkunjung ke Konawe.

“Dengan pelatihan ini, kita berharap bahwa pengembangan teknologi sederhana namun berdaya guna, efektif, dan murah meriah karena berbahan-bahan lokal yang mudah didapatkan sehingga muncul lagi sumber ekonomi baru bagi warga,” ungkap tenaga ahli TTG Kabupaten Konawe, Irvan Umar.

Irvan menilai, bahwa desa-desa di sekitaran pesisir Rawa Aopa memang diarahkan untuk memanfaatkan potensi alam tersebut, termasuk diantaranya adalah ilalang rawa dapat dijadikan pakan ternak alami hasil dari permentasi. Sehingga para peternak sapi tidak lagi kesulitan untuk pakan pengganti rumput ini. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More