SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Baku Bodo, Sekolah Adat Berguru pada Alam

277

teks & foto : muhlis paraja / aliansi masyarakat adat nusantara

TOMBOLOPAO – SC. Baku Bodo adalah sebuah kampung yang berada di Dusun Mapung Desa Tabbinjai Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, yang masih eksis dan terus melestarikan berbagai warisan budaya leluhur nenek moyang mereka sampai saat ini.

Kegotongroyongan tak pernah pudar

Baku Bodo, yang berberbatasan langsung dengan kabupaten Bone dan Kab.Sinjai, dimana kampung ini tempat berdirinya sekolah Panggadakkang Pattaneteang, yang di inisiatif oleh seorang pemuda bernama Nasrullah yang di bantu oleh tokoh masyarakat yang P.Tuo dan P. Mudding.

Berdirinya sekolah ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali nilai nilai kearifan lokal yang mulai hilang di masyarakat, di antara nya Budaya gotong royong.

Setiap hari Sabtu masyarakat Baku Bodo Dusun Mapung melakukan gotong royong, seperti merintis jalan, membuat jembatan dan lain fasilitas umum, dan itu dilakukan secara sukarelawa dan telah berlangsung dari satu generasi ke generasi selanjutnya.  

Jadi, Sekolah Panggadakkang Pattaneteang adalah pelopor melestarikan budaya gotong royong, dengan membangun kesadaran setiap individu masyarakat.

Ketua DPD Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Gowa yang juga pendiri dari Sekolah Alam Bowonglangi membenarkan bahwa kegiatan-kegiatan warga yang selama ini merupakan inisiasi dari warga itu sendiri, telah disepakati untuk membuat wadah bersama.

Dimana wadah ini baik dalam pengertian fisik seperti dengan bangunan sekolah yang bahannya memang dari alam Baku Bodo, juga dalam pengertian secara spiritual dalam melakukan berbagai telaah dan kajian warisan intelektual masyarakat adat setempat.

Bisa juga diartikan bahwa sekolah ini juga sering membahas atau melakukan pengajian dan ‘ziikir alam’ warga dan petani menurut nilai-nilai spiritual yang dianutnya selama ini, yaitu Islam. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More