SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Anwar Sanusi, Kandidat Paling Tepat Jadi Menteri Desa

123

JAKARTA – SC. Di tengah spikulasi menculnya nama-nama calon Menteri, terutama Menteri Desa PDTT yang akan mendampingi Presiden Jokowi pada periode kedua ini, Anwar Sanusi dinilai paling pas mengemban jabatan tersebut.

Demikian pandangan Mada Sukmajati, Dosen Ilmu Politik dari Pemerintahan UGM Yogyakarta melalui sambungan telepon ke Media, Selasa (15/10/2019).

Menurut dia, Anwar Sanusi selain sebagai sosok yang memahami ritme manajerial dan substansi program Kementerian yang sejak awal mengawal Kementerian Desa PDTT sebagai Sekretaris Jenderal, dia juga memiliki concern terhadap isu-isu Desa.

Masih menurut dia, tantangan Indonesia semakin berat terkait gerakan radikalisme yang dinilai telah masuk ke berbagai lini masyarakat, termasuk desa-desa. Gerakan semacam ini, lanjutnya, sangat potensial  mengancam disintegrasi bangsa. Upaya yang dinilai efektif untuk menangkal gerakan tersebut ialah dengan cara revitalisasi nilai-nilai luhur masyarakat di Desa, sekaligus sentuhan  kebijakan yang komprehenship yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa.

“Gerakan radikalisme sudah masuk ke desa-desa sehingga membutuhkan langkah antisipasi semua pihak, baik melalui kebijakan dan jaringan SDM Desa yang dimiliki oleh Kementerian Desa”, tegasnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sosok Menteri Desa ke depan, harus memiliki chamistry terhadap visi dan missi Presiden yang memahami dan menghayati rytme kehidupan masyarakat Desa, baik dalam konteks SDM Desa maupun sumber daya lainnya yang nantinya dapat memproteksi masyarakat dari faham radikal.

Masih menurut dia,  Kemendes harus diambilkan dari unsur birokrat dan memiliki kedekatan emosional dengan kalangan masyarakat tradisional  yang mayoritas tinggal di desa-desa.

“Pak Anwar sangat tepat menempati Posisi Menteri Desa untuk membantu  Presiden Jokowi dalam upaya proteksi masyarakat Desa dari faham radikal radikal pada satu sisi, tetapi juga punya visi yang jelas dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat desa melalui skema-skema pemberdayaan masyarakat desa, pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Anwar Sanusi memulai karier sebagai PNS di Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan ditugaskan di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara(STIA LAN) Jakarta. Jabatan Anwar sejak Tahun 2015 sampai sekarang adalah sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Anwar juga diketahui sebagai pelopor dalam mengkonsolidasikan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam suatu wadah untuk turut serta mengawal UU Desa.(rilis ar/bechi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More