SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Adang Rujiana : “Raga Desa Inspirator Tumbuhnya Ekonomi Warga”

110

teks / foto : harifuddin / pdp rorowatu utara

Tim penilaian desa terbaik nasional dari KN-PID Kementerian Desa PDTT-RI, H.Adang Rujian bersama dengan rombongan meninjau langsung Desa Tunas Baru Kec.Rorowatu Utara Kab.Bombana Sulawesi Tenggara.

Adang menilai bahwa inisiatif raga desa inovasi yang dikembangkan di Desa Tunas baru merupakan gagasan cerdas karena bukan hanya memupuk bakat generasi muda dan pelajar untuk olahraga, tetapi juga berimplikasi tumbuhnya usaha-usaha ekonomi baru bagi warga setempat.

panduan halamman

“Saya melihat hal ini sangat bagus, inovatif,” ungkapnya, seraya mengatakan bahwa untuk kelanjutannya memang harus dilengkapi berbagai daya dukung sebagai konsep pengembangan secara integrasi.

Jadi pada prinsipnya, disitu ada kegiatan olaharga setiap hari, ada kegiatan ekonomi warga (penjual dan warung-warungnya), ada tempat bermain bagi anak-anak serta kalau bisa dikembangkan literasi desa.

Seperti diketahui progress Guna menjaga keberlangsungan pengelolaan dan pemanfaatan dari penegembangan sarana olahraga tersebut, pemerintah desa akan menyerahkan pengelolaan lapangan futsal kepada BUMDes Tunas Harapan. Saat ini BUMDes Tunas Harapan. Demikian pula dengan pengelolaan fasilitas tambahan yang akan dibangun nantinya diantaranya:

Pembangunan warung,dimana yang akan mengelola dari pada warung tersebut adalah Bumdes dengan cara menyewakan kedai kopi tersebut kepada masyarkat desa dan akan dipungut biaya penyewaan dari warung kopi tersebut setiap bulannya.

panduan halamman

Pembangunan taman baca peran Bumdes disini adalah sebagai pengelola dimana tugas atau peran Bumdes nantinya dalam taman baca adalah ,mengelola semua adminitrasi atau kebutuhan dari taman baca serta menjaga kebersihan dari pada ruang taman baca tersebut.

Peran Bumdes dalam ruang bermain anak adalah mengelola ruang bermaian tersebut mulai dari merawat serta menjaga kebersihannya nantinya.

Toilet yang akan dibangun nantinya akan dikelola oleh Bumdes dengan cara memungut biaya pada yang menggunakan tolet tersebut ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dalam tolet nantinya.

Bumdes dikegiatan pangkas rambut nantinya sebagai pengelola dengan cara mengajak masyarakat yang ahli dibidang pangkas rambut untuk bekerja sebagai karyawan ditempat pangkas rambut tersebut dan akan menerima gaji setiap bulannya.

Komitmen BID tahun 2017 kemudian direplikasi tahun 2018. Sorga Desa Multi Fungsi. Besaran Anggaran Rp. 225.000.000 Dana Desa
Komitmen BID tahun 2018 kemudian direplikasi tahun 2019. Bumdes Mart. Besaran Anggaran Rp.180.000.000 Dana Desa

Komitmen BID tahun 2019 kemudian direplikasi tahun 2020. Pengelolaan Budi Daya Ikan Air Tawar. Besaran anggaran menunggu penetapan RKPDes tahun 2020 dalam musrembang desa.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More