SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

80 % Dana Desa Efektif

27

teks : sultandarampa. foto : joy/kpw

KENDARI – SC. Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr.Lukman Abunawas SH.M.Si., mengungkapkan bahwa dari 1911 desa yang tersebar pada 15 Kabupaten pengelolaan dana desa hingga pertengahan 2019 ini berjalan efektif.

“Kita telah mendapatkan kenyataan bahwa pengelolaan dana desa telah mencapai 75 – 80 persen sudah efektif,” ungkapnya dihadapan para perwakilan kepala desa, perwakilan kecamatan, kepala dinas PMD dan Bappeda se-Sulawesi Tenggara, dan para pendamping desa.

Prosentasi tersebut mengisyaratkan bahwa dari dana 2019 yang mencapai Rp 1,6 trilyun lebih selain telah berjalan efektif itu, juga telah menumbuhkan asepek-aspek ekonomi local desa, yang berimplikasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, maka pengelolaan dana desa telah berkontribusi positif terhadap visi-misi Pemprov.Sultra yaitu Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Anti Kemiskinan, dan lainnya, yang terkait langsung dengan program pembangunan PAUD, TK, pembangunan Posyandu, Poslansia, penguatan ekonomi local, serta pembangunan infrastruktur, dan tak ketinggalan adalah pembangunan sarana olahraga desa.

“Melihat capaian-capaian dana desa yang telah mendapat pendampingan secara konsisten oleh para pendamping desa dan tenaga ahli, maka dengan ini Pemprov.Sultra akan mendukung sepenuhnya, bahkan akan melakukan penyelesaran atau integrasi antara visi-misi pembangunan desa dengan visi propinsi serta kota dan kabupaten,” ungkapnya.

Oleh karena itu, maka para pendamping desa harus teguh memegang prinsip-prinsip dalam pemberdayaan. Yakni, pertama soal perencanaan. Desa harus konsisten dalam membuat perencanaan, dan itu tidak boleh asal merencanakan yang tidak berbasis pada potensi dan keunggulan desa, termasuk usulan rencana dari luar yang tidak jelas regulasi dan tujuannya.

Kedua, mengorganisir peran dan tanggungjawab sebagai pendamping, yang kemudian mengkaloborasikan dengan apparat desa atau pelaksana pembangunan di desa. “Serta melakukan pengawasan dan pengawalan, termasuk di dalamnya adalah KPW 3 P3MD-PID Sultra untuk membreakdown manajemen kolaboratif ini program strategis P3MD-PID dengan Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Profit, Sultra Budaya dan Sultra antikemiskinan,” kuncinya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More