SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

3 Desa Terbaik Sultra Gondol Inovasi Terbaik

330

teks : sultandarampa

JAKARTA – SC. Setelah melalui proses penilaian yang panjang, akhirnya tiga desa terbaik Sulawesi Tenggara berhasil merebut kategori desa terbaik nasional dalam Rakornas PID yang digelar di Jakarta dengan menghadirkan sejumlah kementerian.

Ketiga desa terbaik tersebut, yakni  

Bupati Muna dapat Piagam Penghargaan dari Mendes
  1. Desa Lakandito Kabupaten Muna sebagai Terbaik I Nasional Kategori Prudes Inovatif
  2. Desa Tunas Baru Kab.Bombana sebagai Terbaik II Nasional Kategori RagaDesa Inovatif
  3. Desa Tirawuta Kab.Kolaka Timur sebagai Terbaik II Nasional Kategori PAUD Inovatif

P3MD-PID Sulawesi Tenggara sebelumnya telah menyodorkan atau mengirimkan 9 desa terbaik dengan ketiga kategori tersebut diatas. Namun setelah seleksi panjang dan ditindaklanjuti dengan kunjungan tim penilai dari Kemendes PDTT-RI, akhirnya ditetapkan ada tiga desa yang berhasil masuk nominasi terbaik.

Kades Lakandito

Pemberian penghargaan dalam Rakornas PID tersebut langsung diserahkan oleh Menteri Desa PDTT Ilham Iskandar, dan sejumlah menteri lainnya, serta pejabat Kemendes PDTT. Ketiga desa dari Sultra ini selain diwakili oleh masing-masing kepala desanya, juga didampingi oleh para bupatinya, seperti Bupati Muna LM Rusman Emba, Bupati Koltim Tony Herbiansyah, serta Bupati Bombana H.Tafdil.

Ketiga desa yang menjadi nominator awalnya itu memang telah dilakukan penyeleksian pada tingkat Propinsi Sulawesi Tenggara, dan langsung di bawah kendali Koordinator P3MD-PID Propinsi Sultra La Ode Syahruddin Kaeba.

“Ini perjuangan yang berat. Tetapi karena 9 desa yang kita kirim itu masing-masing memiliki prestasi dan keunggulan. Utamanya dalam pemanfataan dana desa secara maksimal, sehingga menghasilkan inovasi-inovasi yang memang mengagumkan,” ungkapnya.

Sebenarnya katanya bukan hanya 9 desa yang memiliki inovasi yang mengagumkan. Ada puluhan bahkan ratusan diantara 1.911 desa di Sultra. Namun memang hanya 9 yang masuk dalam kategori terunggul.

“Ya, hasilnya dari 9 desa terkirim ke Jakarta, maka berhasil lolos nominasi hanya 3 desa. Tetapi ini pun sudah kesyukuran luar biasa, karena Sultra berhasil menggolkan 3 desa terbaiknya dan merupakan yang terbanyak di Indonesia bagian timur,” kuncinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More