SulawesiChannel.com
Cepat, Akurat & Mencerahkan

Taore, Sajikan Wisata Air Terjun

108

Existing Condition
Taore. Sebuah desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Kolaka Timur. Tapalnya merupakan dinding alam yang kokoh, gugusan pegunungan yang membentang menjadi pembatas antara Kabupaten Bombana di selatan, dan diujung barat Kabupaten Kolaka.

Sebagai desa yang dikeliling vegetasi hutan-hutan alam yang padat, yang diselingi dengan ekosistem perkebunan jangka panjang, seperti coklat, merica, langsat, durian, maka Taore tampak menjadi desa hutan yang kaya sumber daya alam.

Pemerintah desanya pun lambat laun dengan memanfaatkan dana desa terus melakukan pembenahan, termasuk diantaranya adalah pembenahan infrastruktur, baik jembatan, pembukaan dan perintisan jalan, hingga sarana produksi lainnya.

Potensi :
Diantara gagasan pembenahan pembangunan desa itulah, maka melalui Dana Desa tahun 2019 ini, maka Pemdes telah membangun 2 unit jembatan yang menelan biaya Rp 468.900 juta. Dimana jembatan ini menjadi penghubung yang vital antara pemukiman pendudukan dengan kebun-kebun dan lahan pertanian lainnya.

Juga, pembukaan jalan sepanjang 4 Km, yang menghubungkan poros dengan lokasi wisata air terjun. Menelan biaya sebesar Rp 162.104 juta.

Dengan infra seperti ini, maka semakin terbuka peluang bagi warga dalam menngembangkan produk unggulan desanya, dan salah satu unggulan adalah pengembangan wisata air terjun yang ketinggian sampai 30 meter.

Dari air terjun tersebut yang terus menerus mengalirkan airnya dengan volume yang sangat besar meski musim kemarau, membuat inisiatif baru bagi warga.

Yaitu di sepanjang bantarannya dapat dikembangkan berbagai kebutuhan, salah satunya adalah untuk cadangan air irigasi bagi kebun-kebun hortikultura serta untuk kebutuhan budidaya ikan air tawar.

Dengan pola demikian, maka ada tiga capaian yang bisa didapatkan Desa Taore sekaligus, yakni :

  1. Pengembangan pariwisata air terjun, yang saat ini para pengunjungnya sudah mulai berdatangan dari beberapa kecamatan.
  2. Pengembangan budidaya air tawar, dengan kolam-kolam pembiakan di sepanjang bantaran hilir air terjun tersebut.
  3. Dibuat check dam, yang berfungsi untuk mendistribusikan air ke lahan-lahan perkebunan dalam skala yang kecil dan terbatas. Check dam ini dapat dibuat secara bersusun sesuai dengan potensi kebun di sekitarnya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More